Jumat, 01 Maret 2013

Tasbih Biji Pisang Pidak

Pisang Pidak / Fidak / Fidya termasuk jenis pisang yang unik, bijinya besar-besar (kira-kira seukuran ujung telunjuk/kelinking) dan hampir seluruh buah dipenuhi biji. Uniknya lagi pisang pidak secara alamiah hanya dapat berkembang dengan baik dengan pertumbuhan generatif (melalui biji) dan sulit atau hampir tidak bisa berkembang biak secara vegetatif (melalui tunas), selama ini belum ada data terkait dengan rekayasa genetika mengenai budidaya pisang pidak.

Pisang Pidak, sebagaimana pisang lainnya tidak mau mati jika ditebang, dan setelah berbuah dia akan mati, namun bedanya dengan pisang lain, pisang pidak tidak mau tumbuh dari tunas atau beranak, sedangkan umur pisang pidak sampai dengan berbuah antara 1,5 sampai 2,5 tahun 

Konon Pisang Pidak hanya tumbuh dan berkembang biak dengan baik di Tuban, namun belakangan Mojokerto juga dikenal salah satu produsen tasbih pisang pidak, besar kemungkinan pisang pidak telah di budi daya di daerah Mojokerto Jawa Timur.

Keunikan tasbih pisang pidak "semakin sering dipakai semakin mengkilat".

Produk yang kami tawarkan adalah tasbih pisang pidak yang telah di gosok (digesekkan dengan biji pisang pidak lain) hingga mengkilat, sebelum di rangkai menjadi tasbih.

Tasbih pisang pidak ini akan semakin mengkilat jika anda pakai.

Tasbih Pisang Pidak yang ditampilkan pada gambar dibawah ini dibuat dari biji pisang pidak pilihan, biasanya hanya ada beberapa biji pisang pidak pada buah pisang pidak, bahkan pada satu tandang pisang pidak hanya terdapat beberapa biji pisang pidak yang berukuran lebih kecil dari biji pisang pidak yang lain.

Kelebihan tasbih biji pisang pidak yang ini lebih jika dibandingkan dengan tasbih biji pisang biasa, adalah lebih kecil dan racak.